BPBD Kota Metro Catat 3 Pohon Tumbang,waspada Cuaca Ekstrem

MEDIA-ONLINE.CO.ID.Kota Metro– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Metro mencatat terdapat tiga pohon yang mengalami tumbang saat hujan turun mengguyur di wilayah bumi sai wawai ini, pada selasa (06/12/2021) pagi hari.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Metro, Firdaus Saparyani mengatakan, Ketiga pohon yang mengalami tumbang berada di lokasi yang berbeda-beda diantaranya Kelurahan Tejosari, Shopping Center, dan Sumur Bandung.

“Berdasarkan informasi yang diterima pohon tumbang di pusat pertokoan shopping center terjadi sekitar pukul 07:30 WIB. Untuk jenis pohon akasia dengan perkiraan usia sudah 10 tahun lebih,” ucapnya kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya.

Kemudian, “untuk pohon yang berada di Sumur Bandung dengan jenis Pohon Sonokeling, berusia kurang lebih dari 15 tahun,” ujar firdaus.

Selain itu, Untuk pohon tumbang yang berada di kelurahan tejosari sempat menghalangi kendaraan lalu lintas warga yang melintasi.

“Untuk di daerah tejosari itu jenis pohon trembesi, dengan berdiameter 30 Cm. Pohon tersebut sempat menutup akses jalan. Namun, tidak lama kemudian tim kami segera turun untuk mengevakuasi pohon yang tumbang,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Koordinator Lapangan BPBD Kota Metro, Laman menjelaskan, Disetiap lokasi titik pohon tumbang pihaknya menerjunkan 6-8 petugas.

“Kami langsung membagi tugas dikarena kan jaraknya lumayan jauh. Sesampai di lokasi kami pun dibantu oleh tim relawan BPBD kelurahan untuk melakukan evakuasi pohon tumbang. Agar dapat kembali lancar akses jalan warga,” kata dia.

Menurutnya, kejadian saat ini terjadi dikarenakan faktor cuaca ekstrem dan kondisi pohon yang harus dilakukan peremajaan.

“Kalau menurut pantauan kami di lapangan masih terdapat beberapa pohon yang cukup rindang. Sehingga-nya
sangking beratnya menopang dahan yang rimbun. Akibatnya sebagian besar akar tidak kuat untuk menahan,” paparnya.

Ditempat terpisah, Sudayah saksi mata sekaligus pedagang di Shopping Center mengungkapkan, kejadian pada saat hujan turun sejak semalam. Tumbang sekitar pukul 07:10 WIB.

“Memang kejadian ini tidak ada korban jiwa, dikarenakan masih banyak toko – toko yang masih tutup. Akan tetapi satu bangunan toko rusak bagian atapnya, dan kabel listrik putus. Sementara BPBD dan PLN masih mengevaluasi listrik dan pohon,” jelasnya.

Sudayah menambahkan, tumbangnya pohon itu sewaktu dia sedang menggoreng dagangannya dibelakang.

“Saya berharap kepada pemerintah terkait untuk segera melakukan peremajaan pohon. Supaya kejadian serupa tidak terulang kembali,” pungkasnya. (AS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *