Wali Kota Metro Hadiri Rapat Anggota PDKI Ke VI Lampung

MEDIA-ONLINE.CO.ID.Kota Metro– Wali Kota Metro Wahdi menghadiri rapat anggota Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia (PDKI) ke VI Cabang Lampung, yang berlangsung, di Ballroom Hotel Grand Sekuntum, Minggu (07/11/2021).

Turut dihadiri Ketua PKK Silvia Naharani, Plt Kadis Kominfo Metro,Subehi dan Jajaran Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia.

Wali Kota Metro Wahdi mengatakan bahwa, Kegiatan pada hari ini atas nama Pemerintah Kota Metro mengapresiasi rapat anggota ke VI PDKI cabang Lampung. Tentunya, juga membicarakan untuk kedepannya bagaimana cara Spesialis Dokter Kesehatan Keluarga Primer ini mempunyai peran besar.

“Kita mempunyai peran semua. Rupanya Spesialis Kedokteran Keluarga Layanan Primer ini perannya sangat besar sekali. Artinya, tidak bisa memang disamakan dengan spesialis lainnya,” jelasnya.

Lanjutnya,” Misalnya, saya dokter spesialis kandungan dan beliau dokter spesialis penyakit dalam. Tentunya mempunyai peran masing-masing sebagai dokter spesialis,” ucap Wahdi kepada sejumlah Wartawan.

Menurut Wahdi, Tantangan Pelayanan Kesehatan di Era kepesertaan jaminan pembiayaan kesehatan atau JKN.
Jadi BPJS menargetkan, walaupun target kita 90% pada tahun 2022.

“Tapi kalo misalnya ada kelonggaran kita akan lebih capaian cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC).¬†Karena pencapaian Universal Health Coverage (UHC) pada tahun 2024 harus capaian 84%. Semakin baik daerah mengejarnya, maka kesejahteraan masyarakat akan lebih bagus,” papar Wahdi.

Ia menambahkan, “Tetapi juga kita tentu tahu kemampuan daerah untuk Kota Metro sendiri. Kedua, kita membentuk program jaringan masyarakat peduli anak dan ibu (Jama-PAI) bertujuan untuk
mewujudkan masyarakat sejahtera dapat terwujud generasi emas indonesia cemerlang (Gemerlang),” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PDKI Cabang Lampung Dr.Hilda Fitri mengatakan bahwa, Kegiatan rapat anggota Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia (PDKI) pada kali ini untuk yang ke VI. Kegiatan rapat anggota ini diadakan tiga tahun sekali.

“Jadi, di rapat anggota ini ada semacam pembekalan materi dan masukan dari beliau bapak Wali Kota Metro Wahdi sangat bermanfaat sekali. Kegiatan rapat ini juga dilanjutkan dengan membahas dan menyusun program kerja tahun 2021-2024 mendatang. Kemudian kegiatan ini juga dilakukan pemilihan pengurus PDKI yang baru,” ujarnya.

Lanjutnya,” Untuk tantangan menurut kami pada saat ini Spesialis Kedokteran Keluarga Layanan Primer (Sp.KKLP) merupakan spesialis yang baru. Tentunya masih ada tantangan yang harus kami kerjakan untuk kedepannya,” pungkasnya (AS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *