Walikota Kota Metro Menghadiri Acara Peringatan Hari Anti Rabies Se-Dunia

  • Whatsapp

MEDIA-ONLINE.CO.ID.Kota Metro– Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Metro mengadakan acara Peringatan Hari Anti Rabies Se-Dunia yang berlangsung di Aula UPTD Puskeswan, Jalan Jenderal Sudirman, Selasa, (28/09/21).

Kegiatan acara kali ini bertemakan “Facts, Not Fear (Biarkan Fakta bicara, hingga takut pun sirna)”.

Turut Hadir Wali Kota Metro Wahdi, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Lili Marwati, Kadis KP3 Kota Metro Hery Wiratno, Kadis Dinsos Suwandi dan tamu undangan lainnya.

Wali Kota Metro Wahdi Sirajjudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa,
Kegiatan pada hari peringatan hari rabies sedunia yang dilaksanakan di Kota Metro tentu menjadi suatu penghargaan dari Provinsi Lampung.

“Saya menyambut baik kegiatan pada hari ini. Sehingga Visi Kota Metro ke depan terwujudnya Kota pendidikan, Sehat, Sejahtera dan berbudaya,” ucapnya.

Lanjut Wahdi, Untuk itu butuh komitmen bersama, kerjasama dan koordinasi dari berbagai pihak. Dan tentu juga harus melibatkan masyarakat untuk melakukan vaksin bagi hewan peliharaan.

“Sehingga Kota Metro untuk kedepan mampu menuju bebas rabies pada tahun 2030,” jelas Wahdi.

Sementara itu, Hery Wiratno selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Metro menyampaikan, Acara hari ini bertepatan dengan tanggal 28 September 2021 merupakan puncak dari Peringatan Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day).

“Pencegahan dan Pengendalian terdapat 30 peserta, merupakan pemilik hewan kesayangan. Dan dilakukan vaksinasi rabies massal, dengan jumlah vaksin sebanyak 105 dosis,” ujar Hery.

Selain itu, kegiatan vaksinasi rabies massal di seluruh wilayah di Kota Metro telah dilaksanakan sejak tanggal 06 September dan direncanakan selesai pada tanggal 04 Oktober 2021 dengan target vaksinasi sebanyak 2400 dosis.

Lanjut Hery, Berdasarkan data 5 (lima) tahun terakhir (2016-2020) menunjukkan cakupan vaksinasi yang terus meningkat, dengan rata-rata persentase cakupan vaksinasi sebanyak 60,8%.

“Kasus penyakit rabies terakhir di Kota metro sebnyak 2 (Dua) kasus yaitu pada tahun 2016,”ungkapnya.

Menurutnya, Pada tahun 2020, jumlah populasi hewan penular rabies di Kota Metro sebanyak 3.274 ekor ( Hewan Anjing 829 ekor, Kucing 2.403 ekor dan Kera 42 ekor).

“Dengan cakupan vaksinasi rabies 2.650 ekor (Anjing 608 ekor, Kucing 1.915 ekor dan Kera 37 ekor), dengan kata lain 78,19% hewan penular rabies di Kota Metro telah berhasil divaksin rabies,” ujarnya.

Hery menambahkan, Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memiliki kesadaran untuk memelihara hewan kesayangannya.

“Semakin hari kesadaran masyarakat Metro untuk melakukan vaksinasi dan sterilisasi pada hewan kesayangannya semakin meningkat,” pungkasnya.

Penulis : Andi S

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *